Label

Rabu, 07 November 2012

Jejak PSB 2012

PSB a.k.a Penerimaan Santri Baru 
Bismillah.
Tiada daya dan kekuatan melainkan dariNya. Pun tak terkecuali dalam penulisan artikel ini.
Alhamdulillah, fase pertama dalam kepengurusan LPIM 2012 telah dilalui. Ya, PSB semester genap. Penerimaan Santri Baru LPIM ini sudah berlangsung awal tahun 2012, sekitar 6 bulan yang lalu. Dalam kurun waktu sekitar 3 pekan, LPIM tak pernah sepi dari pengunjung yang notabene adalah calon santri yang mendaftar untuk perkuliahan semester genap waktu itu. LPIM memberikan kesempatan untuk semua kalangan mengikuti kuliah, baik dari mahasiswa, masyarakat umum, maupun pengelola sendiri tentunya. Semoga kesempatan yang terbuka lebar ini bisa dioptimalkan oleh teman-teman yang haus akan ilmu dimanapun berada *lebay dikit ^^. Dari waktu yang telah disediakan untuk mendaftar, Alhamdulillah peminat perkuliahan semakin bertambah setiap tahunnya.

Kini, babak baru LPIM, yaitu PERKULIAHAN pun telah terlaksana selama hamper 8 bulan. Yes! Ayo semangat tholabul’ilmi. Setiap muslim wajib menuntut ilmu. Rasulullah saw bersabda, “Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim laki-laki dan perempuan”.
Allah memberikan keutamaan dan kemuliaan bagi orang-orang yang berilmu dalam firman-Nya dalam Al-Qur`an surat Al-Mujaadilah ayat 11, “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat”. Orang-orang yang berilmu akan pula dimudahkan jalannya ke syurga oleh Allah dan senantiasa didoakan oleh para malaikat.
Sebenarnya ilmu hanyalah merupakan suatu alat untuk mendekatkan diri kita kepada Allah. Adapun fungsi ilmu itu antara lain adalah :
1. Sebagai petunjuk keimanan (QS. 22:54, 3:7, 35:28)
2. Sebagai petunjuk beramal
Seorang alim (berilmu) dengan ilmunya dan amal perbuatannya akan berada di dalam syurga, maka apabila seseorang yang berilmu tidak mengamalkan ilmunya maka ilmu dan amalnya akan berada di dalam syurga, sedangkan dirinya akan berada dalam neraka” (HR. Daiylami)
“Barangsiapa berjalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke syurga” (HR. Muslim)
“Barangsiapa memberikan petunjuk kebaikan maka baginya akan mendapatkan ganjaran seperti ganjaran yang diterima oleh orang yang mengikutinya dan tidak berkurang sedikit pun hal itu dari ganjaran orang tersebut.” (HR. Muslim)
“Jika anak Adam telah meninggal dunia maka terputuslah amalnya kecuali 3 hal : 1) Ilmu yang bermanfaat, 2) Sedekah jariyah, 3) Anak Shaleh yang mendoakan kedua orang tuanya” (HR. Muslim)
Wow, jadi makin semangat nih mencari ilmu. Banyak hadist yang menyatakan keutamaan menuntut ilmu. Oke, kini kumpulkan niat untuk mengikuti kuliah. Semoga Allah memberikan keistiqomahan kepada kita untuk mencari ilmu. Jangan pernah lelah kawan, sebelum kelelahan itu lelah mengikutimu.

Ilmu laksana tetesan embun di lahan tanaman, segar dan menyegarkan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar