Label

Senin, 19 September 2011

Bahasa Arab

Pendidikan Bahasa Arab merupakan program pendidikan satu tahun (dua semester) yang terdiri dari tiga materi (keterampilan) pokok yaitu mufradat (kosa kata), nahwu- sharaf (tata bahasa), dan muhadatsah- muhadharah(keterampilan bahasa)

Visi
Terwujudnya pembelajaran bahasa arab yang mudah dan menyenangkan, khususnya bagi mahasiswa dan masyarakat muslim pada umumnya.”Al Arabiyatu ma’ana sahlah wa mumthi’ah,”



Sasaran
Mahasiswa Muslim Yogyakarta

Tujuan Pendidikan Bahasa Arab LPIM
Tujuan Umum
a. Program Pendidikan Bahaasa Arab LPIM bertujuan untuk membangun kemampuan mahasiswa dalam berbahasa Arab yang selanjutnya dijadikan sebagai alat melakukan kajian keislaman. Melalui pembelajaran bahasa secara intensif, kreatif, menggembirakan dan membisakan ini,
b. Diharapkan mahasiswa mampu berkomunikasi dengan bahasa Arab dan mampu melakukan kajian terhadap literatur yang berbahasa Arab secara mandiri, sehingga harapan agar mahasiswa mampu mengembangkan keilmuan lebih lanjut dapat terwujud.
c. Menyelenggarakan pendidikan bahasa Arab yang berorientasi pada disiplin studi Islam (dirâsât Islâmiyah) khususnya bagi mahasiswa UNY dengan sistem dan metode pengajaran yang nyaman dan menyenangkan serta didukung oleh fasilitas yang representatif.
d. Mewujudkan peserta didik yang memiliki kemahiran dan keterampilan berbahasa Arab aktif yang meliputi:
a) Keterampilan menyimak (fahm al-masmû’ )
b) Keterampilan berbicara (muhâdatsah)
c) Keterampilan membaca (qirâ’ah)
d) Keterampilan menulis (kitâbah)
Tujuan khusus
a). Membekali mahasiswa kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Arab secara lisan dan tulis.
b) Membekali mahasiswa kemampuan membaca, memahami dan menerjemahkan buku-buku berbahasa Arab untuk studi Islam.
Sistem Pendidikan dan Pengajaran
1. Program BAD
Adalah Kelas dasar bagi para pemula yang baru belajar Bahasa Arab, program ini lebih ditekankan ke arah Muhadasah (Percakapan )
2. Program BAL
Kelas ini 1 tingkat diatas BAD, Bagi para santri yang dulunya pernah belajar bahasa arab dasar boleh mengikuti kelas BAL, dengan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan, Program ini lebih di tekankan ke arah pembacaan kitab text bahasa arab.
Pembiayaan
Biaya Pelaksanaan KBM BA LPIM di bebankan kepada Santri baru yangf besarnya di tentukan oleh TIM BA , Bendahara LPIM dengan keputusan Direktur LPIM. Tim BA Tidak di benarkan memungut biaya di luar biaya yang telah di tentukan. Dari keseluruhan dana, maksimal 25%-nya di kelola oleh Bendahara sedangkan 75% di kelola oleh Tim sesuai Volume Kegiatan. Pengajuan Propopsal kegiatan di syaratkan paling lambat 2 Minggu sebelum KBM di buka . Terkaid dengan pemanfaatan dana tersebut, panitia (TIM BA) pada berkewajiban memberikan laporkan kegiatan dan pertanggung jawaban keuangan dengan ketentuan sebagai berikutb :
a. Selambat lambatnya 2 (Minggu) setelah pelaksanaan kegiatan KBM BA, TIM BA LPIM harus menyampaikan laporan kegiatan dan keuangan.
b. Laporan Pertanggung jawaban keuangan di buat secara benar di lampiri perincian penggunaan dan bukti pengeluaran (Nota)
c. Laporan Keuangan harus di ketahui Direktur LPIM.
Sistem Penyelenggaraan Pendidikan
1. Masa Studi
Masa studi normal di Bahasa Arab Lembaga Pendidikan Islam Mujahidin Universitas Negeri Yogyakarta adalah 2 Bulan (3X setiap Minggu).
2. Perkuliahan
a. Masa perkuliahan efektif setiap Pembukan adalah 8 pekan, sudah termasuk masa ujian dengan 3 hari belajar aktif setiap pekan.
b. Diwajibkan bagi seluruh santri baru untuk mengikuti orientasi dan studium general yang diselenggarakan pada permulaan semester.
c. Setiap santri diwajibkan menandatangani presensi atau daftar hadir kuliah untuk setiap mata kuliah yang diikuti.
d. Bagi mahasiswa yang berhalangan mengikuti perkuliahan diwajibkan untuk mengajukan permohonan izin sesuai dengan tata tertib yang berlaku.
Pengajar :
a. Ust. Hasbi
b. Ust. Amir
c. U’Nurul
d. A’Nuzula
e. U’Ica
f. A’Suanryo
g. U’Ratna
Pendekatan
Pendekatan yang digunakan adalah all in one system (nazhariyah al-wihdah), yaitu suatu pendekatan yang melihat bahasa sebagai satu kesatuan yang utuh dan saling melengkapi. Pendekatan ini memberikan perhatian terhadap keempat kemahiran bahasa, yaitu
a. Kemahiran mendengar (maharah al-istima’),
b. Kemahiran berbicara (maharah al-kalam),
c. Kemahiran membaca (maharah al-qiraah), dan
d. Kemahiran menulis (maharah al-kitabah), secara seimbang. Selain itu, pendekatan ini juga memberikan perhatian terhadap berbagai unsur bahasa Arab, seperti ashwat (bunyi huruf), mufrodat (kosa kata), qawa’id (gramatika), nabr (intonasi) dan tanghim (lagu).
Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan BA LPIM UNY
1. Menggunakan Teknik mengajarkan al-kalam untuk BAD
Teknik mengajarkan al-kalam (kemahiran berbicara) merupakan jenis kemampuan berbahasa yang ingin di capai dalam pengajaran bahasa arab BAD LPIM. Keadaan berbicara di dalam kelas bahasa mempunyai komunikasi dua arah, yakni antara pembicara dan pendengar. Dengan demikian, latihan berbicara harus lebih dahulu di dasari oleh (i) kemampuan mendengarkan (ii) kemampuan mengucapkan (iii) penguasaan relatif terhadap kosa kata dan ungkapan yang memungkinkan santri dapat mengkomunikasikan gagasan dan pikirannya.
Beberapa model KBM BAD antars lain :
a. Latihan asosiasi dan Indentifikasi.
b. Latihan pola kalimat
c. Latihan percakapan
d. Bercerita
e. Berdiskusi
f. Wawancara

2. Menggunakan teknik Mengajarkan al-Qiro’ah (BAL)
Kemahiran membaca dalam model pengajaran al – Qiro’ah yang digunakan BA LPIM mengantung 2 aspek atau pengertian. Pertama mengubah lambang tulis menjadi lambang bunyi dan kedua, menangkap arti dari situasi yang di lambangkan dengan simbol simbol tulisan dan bunyi tersebut. Inti dari kemahiran membaca adalah pada aspek atau pengertian kedua tersebut, yakni agar santri dapat membaca dan memahami teks berbahasa arab.
Agar pengajaran kemahiran membaca dapat terarah kepada tujuan, BA LPIM mensajikan bacaan yang dilengkapi dengan sejumlah pertanyaan atau model model latihan. Bentuk dan sistematika pertanyaan di sesuaikan dengan tujuan atau jenis membaca atau pengalaman belajar yang ingin di latihkan kepada siswa, antara lain :
a. Belajar untuk memperkaya kosa kata.
b. Belaajar untuk mengenal (kognisi) isi bacaan.
c. Belajar mengetahui dan mengingat
d. Belajar memahami
e. Belajar mengaplikasikan pengetahuan
f. Belajar menganalisis
g. Belajar mengsintesis
h. Belajar mengevevaluasi
i. Belajar untuk mengenal pola kalimat.
Pada saat tertentu dan dalam kondisi tertentu Ustad bebas menentukan metode yang sesuai untuk digunakannya, seperti metode gramatika tarjamah (yang menekankan pada kemampuan membaca, menulis, dan menerjemah), dan metode audio lingual (yang menekankan kemahiran berbicara karena bahasa adalah untuk berkomunikasi), metode selektif (yaitu metode penggabungan dengan mengambil unsur-unsur positif metode-metode pembelajaran bahasa Arab) dan lain-lainnya.
Model Pembelajaran
Model pembelajaran yang dipraktikkan dalam perkuliahan bahasa Arab LPIM adalah suatu pembelajaran bahasa Arab yang menyenangkan, menggembirakan, dan membisakan. Hal ini dilaksanakan agar mahasiswa/ santri selalu termotivasi dalam upaya mempelajari bahasa Arab. Model ini direalisasikan dengan pelaksanaan studi yang fleksibel yaitu dengan menggunakan ruang sebagai tempat studi dan pada saat dan kondisi tertentu melak-sanakan studi/ pembelajaran yang bervariasi di lapangan bebas seperti di taman, di lapangan olah raga.

Materi dan Target Pelaksanaan
Materi yang diajarkan adalah buku Al-‘Arabiyyah bim-Namazij, jilid 1-4 dan baru di mulai tahun pelajaran 2009/2010. Materi ini akan diselesaikan selama 3 Program yang dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu :
1) Tahapan Pertama (BAD):
Buku Al-‘Arabiyyah bim-Namazij jilid 1 dan diberikan materi tambahan dar Buku Durusullughah
2) Tahapan kedua:
Buku Al-‘Arabiyyah bim-Namazij jilid 2 dan diberikan materi tambahan dar Buku Durusullughah
3) Tahapan ketiga : Buku Al-‘Arabiyyah bim-Namazij jilid 3 Buku Al-‘Arabiyyah bim-Namazij jilid 4.



Sistem Penilaian
Penilaian menjadi Tanggung Jawab TIM BA , untuk selanjutnya di sahkan oleh WAdir 1 , Adapaun Kriteria Nilai di tentukan dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut :
1. Mengikuti semua kegiatan KBM BA dengan Presensi kehadiran dari seluruh sesi KBM BA Min 65%,
2. Mengikuti Ujian BA
3. Mengumpulkan Tugas yang telah di tentukan min 75%.
4. Khusus Bagi peserta yang dinyatakan tidak lulus tidak mendapatkan sertifikat.
Prospek Lulusan
1. Menjadi pengajar bahasa Arab aktif (lisan dan tulisan) dalam bidang studi Islam dan dirasat Islamiyah di Sekolah maupun di Pondok Pesantren.
2. Memiliki kerpibadian (integritas moral keislaman tinggi, menyadari dan melakukan aktualisasi diri) dan kompetensi sosial (memiliki kemampuan bekerja sama dengan lembaga-lembaga sekolah) dan bersikap terbuka terhadap pembaharuan di bidang pengajaran bahasa Arab.
Study club/Roffah
Hari jumat BA LPIM mengadakan kegiatan Study club/Roffah dilaksanakan mulai jam 13.00 dengan membagi dalam kelompok kelompok sesuai dengan kemampuan peserta dari tim. Materi dan teknik pelaksanaan Study club/Roffah ditentukan oleh Tim BA LPIM dan peserta program Study club/Roffah.

Sistem Evaluasi
Evaluasi belajar mengajar perkuliahan bahasa Arab di LPIM ini dilaksanakan dalam bentuk tes tulis dan lisan. Bentuk tes yang dilaksanakan antara lain:
1) Placement Test, yaitu Tes yang dilaksanakan di awal perkuliahan dalam bentuk tes tulis dan lisan yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik.
2) Tes Tahapan, yaitu tes yang dilaksanakan untuk mengukur hasil pembelajaran bahasa Arab pada tiap tahap berbentuk tulis dan lisan dengan materi, al-maharat al-lughawiyah (maharah al-kalam, maharah al-qira’ah, maharah al-istima, dan maharah al-kitabah). Hal ini bertujuan untuk mengukur keberhasilan pembelajaran bahasa Arab pada tiap tahap secara aktif dan pasif.
3) Tes Terpadu, yaitu tes yang dilaksanakan pada akhir KBM BA, Materi ujian terpadu BAD diambil dari Al-‘Arabiyyah bim-Namazij jilid 1 dan Buku Durusullughah ;sedangkan materi ujian terpadu BAL bahannya diambil dari buku Al-‘Arabiyyah bim-Namazij jilid 2 dan Buku Durusullughah
. Tes ini untuk mengukur ketuntasan materi pokok tanpa membedakan kelompok kelas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar