Label

Selasa, 05 Januari 2010

Tentang LPIM



Lembaga Pendidikan Islam Mujahidin (LPIM) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu Lembaga Pendidikan dan Dakwah bagi masyarakat muslim yang berada di Yogyakarta. Kehadiran Lembaga ini diharapkan mampu manjadi sarana pembelajaran dan pendewasaan bagi masyarakat muslim Yogyakarta, khususnya para mahasiswa muslim untuk lebih mendalami Islam. Semakin masyarakat mampu memahami Islam dengan baik dan benar, maka insyaAllah akan semakin dekat dengan Islam itu sendiri. Islam penuh dengan kedamaian, semangat kemajuan dan perbaikan, ketegasan dan kebijaksanaan, kemuliaan dan kearifan, sebagaimana Islam yang dibawa dan diajarkan oleh Rasulullah saw.. Islam telah mampu membawa umat manusia dari budaya jahiliyah seperti kecurangan, korupsi, kebodohan, keterbelakangan dan sebagainya menuju kehidupan yang mulia dan berwibawa sesuai dengan fitrah penciptaannya, menjadi nilai untuk membentuk umat yang terbaik.

Pada awalnya, LPIM terlahir khusus untuk membantu mahasiswa muslim Universitas Negeri Yogyakarta dalam upaya tafaqquh fiddin (memperdalam atau belajar agama). Perkembangan selanjutnya, LPIM membuka program pendidikan untuk umum (terbuka bagi seluruh masyarakat Yogyakarta). Seluruh program pendidikan LPIM diarahkan kepada dua kompetensi utama yaitu kemampuan membaca Al Quran dengan lancar dan benar serta pemahaman Bahasa Arab. Khusus untuk program yang diperuntukkan hanya bagi mahasiswa muslim UNY yaitu Madrasah Thulabiyah (Sekolah Para Pembelajar) diarahkan kepada pemahaman dasar-dasar ke-Islaman dan Al Quran.

Lembaga Pendidikan Islam Mujahidin (LPIM) Universitas Negeri Yogyakarta senantiasa melakukan upaya perbaikan dan peningkatan dalam proses penyelenggaraan program pendidikan. Dengan demikian diharapkan selalu ada perbaikan kualitas program pendidikan secara bertahap (gradual), terutama kualitas kegiatan pembelajaran di kelas. Hal tersebut dari perbaikan pada sisi materi dan referensi (kurikulum), metode dan media pembelajaran, serta mental dan kepribadian (integritas) para Pengajar. Selain itu, dengan diadakannya kegiatan-kegiatan penunjang di luar kelas seperti training dan seminar, konsultasi syari’ah serta pengadaan media komunikasi berupa bulletin diharapkan mampu menunjang keberhasilan setiap program pendidikan yang diselenggarakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar